Selasa, 21 Februari 2012

Apa bedanya Personalia, HRD dan HRM?

Mohon dijelaskan, apakah istilah Personalia, HRD, dan HRM, merujuk pada divisi yang sama? Kalau memang ada perbedaan, apa beda fungsi mereka? Terima kasih atas jawabannya.

Jawaban

Personalia adalah kegiatan pengelolaan SDM yang lebih fokus kepada hal-hal yang bersifat administratif yang mengatur hubungan kerja antara employer dan employee, sebagai salah satu sumberdaya yang dimiliki organisasi. Aktivitas paling intens yang dilakukan oleh Bagian Personaliabiasanya adalah rekrutmen. Personalia utamanya juga berfungsi melakukan proses dokumentasi, pengelolaan serta proses kepegawaian yang terkait langsung dengan tahapan seleksi, pengangkatan dan kekaryaan dan pemberhentian/pemutusan hubungan kerja. Personnel / Personalia terkait langsung dengan filing dokumen-dokumen kepegawaian, payroll dan administrasi terkait dengan individu/karyawan. Human Resource Development berfungsi lebih luas dari Personnel Management, meliputi proses fungsi perencanaan strategis tenaga kerja (HR Planning), HR Budgeting, Assessment, Recruitment & Selection, Hiring and Termination, Career Development, Organization Development, Performance Management, Industrial Relationship, Pension, Training, dan System Development serta seringkali melibatkan fungsi General Affairs di dalamnya. Dengan demikian, HRD (Human Resource Development) adalah kegiatan pengelolaan SDM yang lebih fokus pada hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan SDM sebagai salah satu sumberdaya penting yang dimiliki oleh organisasi. HRM (Human Resource Management) adalah kegiatan pengelolaan SDM yang secara holistic merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengendalikan SDM sebagai aset yang dianggap lebih penting dibandingkan sumberdaya lainnya oleh organisasi. Semua aktivitas dan subsistem manajemen SDM diperhatikan secara proporsional, sesuai dengan Strategi Organisasi. Dalam perkembangan lebih lanjut, pengukuran-pengukuran atas setiap aktivitas manajemen SDM menjadi semakin diperlukan, karena SDM dianggap sebagai capital (Human Capital) yang paling penting bagi organisasi.


http://swa{dot}co{dot}id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar