Selasa, 21 Februari 2012

Apa bedanya Personalia, HRD dan HRM?

Mohon dijelaskan, apakah istilah Personalia, HRD, dan HRM, merujuk pada divisi yang sama? Kalau memang ada perbedaan, apa beda fungsi mereka? Terima kasih atas jawabannya.

Jawaban

Personalia adalah kegiatan pengelolaan SDM yang lebih fokus kepada hal-hal yang bersifat administratif yang mengatur hubungan kerja antara employer dan employee, sebagai salah satu sumberdaya yang dimiliki organisasi. Aktivitas paling intens yang dilakukan oleh Bagian Personaliabiasanya adalah rekrutmen. Personalia utamanya juga berfungsi melakukan proses dokumentasi, pengelolaan serta proses kepegawaian yang terkait langsung dengan tahapan seleksi, pengangkatan dan kekaryaan dan pemberhentian/pemutusan hubungan kerja. Personnel / Personalia terkait langsung dengan filing dokumen-dokumen kepegawaian, payroll dan administrasi terkait dengan individu/karyawan. Human Resource Development berfungsi lebih luas dari Personnel Management, meliputi proses fungsi perencanaan strategis tenaga kerja (HR Planning), HR Budgeting, Assessment, Recruitment & Selection, Hiring and Termination, Career Development, Organization Development, Performance Management, Industrial Relationship, Pension, Training, dan System Development serta seringkali melibatkan fungsi General Affairs di dalamnya. Dengan demikian, HRD (Human Resource Development) adalah kegiatan pengelolaan SDM yang lebih fokus pada hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan SDM sebagai salah satu sumberdaya penting yang dimiliki oleh organisasi. HRM (Human Resource Management) adalah kegiatan pengelolaan SDM yang secara holistic merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengendalikan SDM sebagai aset yang dianggap lebih penting dibandingkan sumberdaya lainnya oleh organisasi. Semua aktivitas dan subsistem manajemen SDM diperhatikan secara proporsional, sesuai dengan Strategi Organisasi. Dalam perkembangan lebih lanjut, pengukuran-pengukuran atas setiap aktivitas manajemen SDM menjadi semakin diperlukan, karena SDM dianggap sebagai capital (Human Capital) yang paling penting bagi organisasi.


http://swa{dot}co{dot}id

Senin, 20 Februari 2012

Perbedaan HRD, Personalia & Kepegawaian

Dalam kelas training dan workshop Managing HR for Beginner atau dalam kelas training dan workshop Personalia Profesional yang diselenggarakan oleh HRD Forum, masih sering didapatkan banyak peserta training bingung dalam menjawab apa perbedaan antara HRD, Personalia & Kepegawaian. Rata-rata peserta menjawab bahwa antara HRD, Personalia dan kepegawaian itu sama saja, tidak ada bedanya, itu hanya sebuah sebutan saja. Argumentasi mereka biasanya hampir sama, misalnya antara HRD Manager, Manager Personalia atau Kepala kepegawaian, tugas dan tanggung jawabnya hampir sama. Seorang peserta yang di perusahaannya masih menggunakan nama Manager Personalia, tugasnya mulai dari recruitment, Training & Development, Penyusunan gaji, membuat strategi compensation & Benefit, membangun industrial relation yang harmonis, pengurusan payroll, jamsostek, PHK dan sebagainya. Sementara di perusahaan yang dalam tittle jabatannya menggunakan istilah HRD Manager, tugasnya pun hampir sama, begitu juga dengan perusahaan yang menggunakan nama Manajer kepegawaian. Belum lagi ada perusahaan yang menggunakan nama jabatan Human Capital manager, atau mungkin nama yang lain, ada banyak nama dan istilah yang dipakai.

Baiklah, kita melihat secara umum bahwa HR mengalami 3 siklus yakni  ;

  1. HR sebagai Personalia; bercirikan murni administratif dan reaktif serta hanya menjalankan pekerjaan rutinitas dan manual.
  2. HR sebagai HRD ; bercirikan adanya proses development dan aktif sedangkan administratif hanya sebagai support
  3. HR sebagai  Human Capital ; bercirikan HR sebagai strategic partner dan administratif sudah dioutsourcingkan atau dikomputerisasi berbasis online
dari tiga siklus itu, apakah Anda sudah bisa menemukan apa sebenarnya perbedaan antara HRD, Personalia dan Kepegawaian ? saya yakin sudah. Point ke satu, ke dua dan ke tiga sudah sangat jelas.
"TETAPI Pak, kok manager personalia dikantor saya pekerjaannya tidak hanya murni administratif, manager personalia diperusahaan saya juga mengerjakan developmen, membuat TNA, membuat gap analysis......" mungkin begitu pertanyaan Anda.
"Pak, HRD manager diperusahaan saya kok pekerjaannya hanya mengurusi gaji, kehadiran, cuti dan semua pekerjaan administratif saja, tidak pernah mengurusi developmen karyawan...." Mungkin ada juga yang bertanya seperti itu.
Saya maklum, saya juga menyadari bahwa hal tersebut banyak terjadi dibanyak perusahaan. Title nya HRD Manager, tetapi pekerjaannya masih ada di siklus pertama, yaitu kepersonaliaan yang bercirikan Murni Administrasi dan reaktif. Titlenya Human Capital Manager tetapi pekerjaannya hanya membuat TNA, Gap analysis dan sebagainya tanpa pernah menempatkan posisinya sebagai strategic partner dan parahnya lagi hampir semua pekerjaannya masih manual, belum menggunakan HRIS. Titlenya Manajer personalia, tetapi pekerjaannya ternyata melingkupi seluruh fungsi HR dan bertindak selaku strategic partner bagi stake holder. Itu semua banyak terjadi.
Lalu sebenarnya perbedaannya dimana ?
HRD, Personalia, Kepegawaian adalah sebuah sebutan atau lebih tepatnya job title yang banyak digunakan di dalam perusahaan. Ada HRD Staff, staff personalia, staff kepegawaian, ada HRD Supervisor, supervisor Personalia, Supervisor kepegawaian, ada HRD Manager, Manager Personalia, manager kepegawaian, dan sebagainya.
Jika ingin mengetahui perbedaan berdasarkan siklusnya, penjelasan di atas cukup terang benderang. Untuk mengetahui perbedaan dari ruang lingkup dan tata cara kerjanya, penjelasan dalam tiga siklus di atas juga cukup mencerahkan. lalu ?
Jika ada yang bertanya apa perbedaan antara HRD, Personalia, Kepegawaian? Tanyalah balik, apa pekerjaannya sehari-hari, tanyalah tata caranya bekerja, tanyalah ruang lingkup tanggung jawabnya, setelah anda mendapatkan semua penjelasan tersebut Anda dapat menjawab dengan lebih Clear, luas dan tepat sasaran !
Apapun namanya, apapun job title-nya, mari kita lihat dahulu apa tugas & tanggung masing-masing dari nama jabatan tersebut.
OK Selamat berkarya ! sampai jumpa di puncak sukses !
[Bahari Antono]
 ·  · B

LOWONGAN KERJA PSGI



Kami perusahaan Konsultan dan Developer Sistem Teknologi Informasi sedang menambah kapasitas SDM yang handal dan profesional di bidang IT. Kami membutuhkan :

1. Programmer Database / Database Administrator
Good Logic & Programming skill
Menguasai Delphi / VB / Java / C / C++ / .Net
Menguasai SQL (MySql/SQL Server/Oracle)
Mampu bekerja dalam Tim & Deadline
Minimal 1 tahun pernah ikut dalam project
Fresh Graduates with good portfolio are welcome

2. Programmer Flash - Good Logic & Programming skill
Menguasai Flash AS3
Menguasai Flex + Adobe Air dan
menggunakan IDE Flash Builde Menjadi nilai tambah
Menguasai Photoshop
Mampu bekerja dalam Tim & Deadline
Minimal 1 tahun pernah ikut dalam project
Fresh Graduates with good portfolio are welcome

3. Design Animator
Menguasai Flash AS3
Menguasai Flex + Adobe Air dan
menggunakan IDE Flash Builde Menjadi nilai tambah
Menguasai Photoshop, Illustrator, 3D Max,
Mampu bekerja dalam Tim & Deadline
Minimal 1 tahun pernah ikut dalam project
Fresh Graduates with good portfolio are welcome

4. Administrator & Admin Project -  
Memiliki skill komunikasi yang baik
Mahir mengoprasikan komputer
Memahami administrasi proyek
Mampu bekerja dalam Tim & Deadline
Minimal 2 tahun pernah ikut dalam project

5. Helpdesk Jaringan
Min D3 jurusan Informatika / Elektro
Berpengalaman di bidang helpdesk jaringan
Menguasai network troubleshooting
Memiliki pengetahuan tentang LAN dan WAN
Customer oriented
Memiliki skill komunikasi yang baik
Mengetahui troubleshooting dan konfigurasi perangkat jaringan terutma cisco
Bisa bekerja mandiri dengan supervisi minimum

6. Sistem & Database Analis
Minimal S1 jurusan Informatika
Terbiasa presentasi, menganalisa kebutuhan client dan Design System
Pengalaman merancang Sistem atau Prosedur atau Proses minimal 2 tahun
Mengerti teknologi Database & Software Design
Memiliki skill komunikasi yang baik, kreatif, imajinatif
Mampu bekerja dalam Tim & Deadline

7. Assisten/Sekretaris Project (Wanita)
Lulusan D3 Sekretaris atau sejenisnya
Pengalaman Sebagai Sekretaris Min 1 Tahun
Dapat Membuat Laporan Kegiatan Dengan baik
Menguasai bahasa Inggris Lisan dan Tulisan
Menguasai Word Processor dan Spreadshett

8. Marketing Produk IT
Pria/Wanita, Pendidikan Minimal SMA/Sederajat
Berpenampilan Menarik, Komunikatif & Jujur
Memiliki Kemampuan Komunikasi Yang baik
Terbiasa dengan Sosial Network (Facebook, Twitter, YM dll)

9. Dosen/ Tenaga Pengajar /Mahasiswa
D3/S1, Mahasiswa Min Semester 5
Pria/Wanita
Memiliki Kemampuan Komunikasi Yang baik
Berjiwa Pendidik, Suka Mengajar dan Bertanggung Jawab
Bisa Membuat Simulasi Belajar dan Mengajar Untuk Keperluan Produk

Bidang Mata Pelajaran yang dibutuhkan
1. Matematika
2. Fisika
3. Kimia
4. Biologi
5. Ekonomi dan Akutansi
6. Geografi
7. Sosiologi
8. Sejarah
9. Bahasa Indonesia
10. Bahasa Inggris

Kirim Lamaran, CV dan Portfolio ke :

PT. Perdana System Global Internusa

The Boulevard Apartment 12-O
Jl. Fachrudin Raya No. 5 Tanah Abang, Jakarta Pusat
website : psgi.co.id

atau

email ke : hrd_psgi@yahoo.com

paling lambat 15 Maret 2012